Menu
Galeri Keris Antik Dan Kuno Indonesia

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Keris Antik Kuno Dhapur Sengkelat

Minggu, Juni 23rd 2019.

Keris Antik Kuno Dhapur Sengkelat

Keris Antik Kuno Dhapur Sengkelat – Keris Sengkelat adalah salah satu dhapur Keris luk 13 yang sangat terkenal dan melegenda. Keris sengkelat memiliki ukuran panjang bilah sedang dan memakai odo-odo sehingga permukaan bilahnya nggigir sapi.

Sedangakan ciri-ciri Keris dhapur Sengkelat antara lain:

  • Memakai kembang kacang, ada yang dilengkapi jenggot dan ada yang tidak.
  • Satu lambe gajah.
  • Sogokan rangkap dengan ukuran normal.
  • Sraweyan.
  • Ri pandan.
  • Greneng.
  • Kruwingan.

Keris dhapur Sangkelat sangat mirip dengan Keris dhapur Parungsari. Perbedaannya, Keris Parungsari memiliki ricikan yang lebih lengkap.

Sejarah Keris Antik Kuno Dhapur Sengkelat

Jika pada Keris Sangkelat hanya terdapat satu lambe gajah, pada Keris Parungsari terdapat dua lambe gajah, dan pada Keris Parungsari selalu dilengkapi jenggot.

Keris dhapur Sangkelat mudah sekali dijumpai karena banyak diduplikasi. Saking terkenalnya Keris tersebut, maka banyak orang yang ingin sekali memiliki Keris Sengkelat. Dan karena banyaknya minat terhadap Keris Sengkelat maka banyak dibuat tiruannya.

Hingga saat ini Keris Sengkelat masih tetap lestari dan menjadi pusaka piandel para pejabat dan politikus karena dipercaya memiliki tuah kewibawaan yang sangat besar.

Keris Sengkelat adalah Keris pusaka luk 13 yang diciptakan pada jaman Majapahit, yaitu pada masa pemerintahan Prabu Kertabumi (Brawijaya-V) oleh seorang Mpu kerajaan yang sangat terkenal, yaitu Pangeran Sedayu/Mpu Supo Mandrangi.

Mpu Supo Mandrangi adalah salah satu murid dari Sunan Ampel. Konon bahan utama untuk membuat Keris Sengkelat adalah cis, yaitu sebuah besi runcing untuk menggiring onta. Konon, besi cis tersebut didapat Sunan Ampel ketika sedang bermunajat.

Ketika ditanya besi itu berasal dari mana, maka dijawablah bahwa besi itu milik Kanjeng Nabi Muhammad SAW, dan kemudian besi cis tersebut diberikan kepada Mpu Supo untuk dibuat menjadi sebilah pedang Arab.

Tapi Mpu Supo merasa sayang jika besi sebagus itu hanya dijadikan pedang yang tidak memiliki nilai artistik. Maka akhirnya besi cis tersebut dibuat menjadi sebilah Keris pusaka luk tiga belas yang sangat indah.

Kemudian oleh Sunan Ampel disarankan agar Keris tersebut diserahkan kepada Prabu Brawijaya-V. Dan ketika Prabu Brawijaya-V menerima Keris tersebut, sang Prabu menjadi sangat kagum akan keindahan keris tersebut dan akhirnya memberikan nama Sengkelat pada Keris pusaka tersebut karena Mpu Supo membawa Keris tersebut kepada Sang Prabu dengan cara disengkelat dipinggang.

Akhirnya Keris Sengkelat tersebut menjadi salah satu piandel/pusaka kerajaan dan diberi gelar Kanjeng Kyai Ageng Puworo, dan memiliki tempat khusus dalam gudang pusaka keraton Majapahit.

Apabila anda saat ini sedang mencari keris sengkelat luk 13 sepuh atau kuno silahkan kunjungi situs Keris Antik Kuno memiliki koleksi keris sengkelat sepuh dengan berbagai pamor.

Keris Antik Kuno Dhapur Sengkelat

Keris Antik Kuno Dhapur Sengkelat

Produk terbaru

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHello world!
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail